Bertamasya Ke Coban Kapas Biru Lumajang

Sebuah coban yang indah yang berada di ujung kota lumajang menarik kita untuk bertamasya kesana.

Sebuah coban atau air terjun bila di bahasa indonesia kan sebuah kucuran air dari atas yang mengalir ke bawah. Coban kapas biru ini merupakan air terjun yang berada di kecamatan pronojiwo kabupaten lumajang yang secara langsung berbatasan langsung oleh kecamatan ampelgading kabupaten malang.

Memang coban kapas biru memiliki medan jalan yang cukup terjal ditambah jarang pengunjung yang tau akan keberadaan air terjun kapas biru.

Lumajang memang menyimpan pesona alam yang luar biasa mulai dari gunung semeru yang berada di kecamatan senduro kabupaten lumajang hingga keindahan air terjun nya yang patut untuk anda jelajahi disaat waktu senggang dan saat ini yang lagi ramai oleh instagram manle yaitu wisata air terjun kapas biru yang berada di pronojiwo lumajang kini di air terjun kapas biru mulai ramai oleh pengunjung yang ingin mengetahui keindahan air terjun kapas biru dari dekat, kebanyakan pengunjung yang datang ke air terjun kapas biru ini dari kota malang dan sekitarnya, pengunjung tersebut sewa mobil malang untuk dijadikan referensi disaat membutuhkan kendaraan untuk berakhir pekan ke air terjun kapas biru.

 

Rute Dan Akses Menuju Coban Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru terletak di Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang. Kec. Pronojiwo ini berada di Lumajang barat-selatan, berbatasan dengan Kec. Ampelgading yang masuk Kab. Malang. Rute untuk menuju Air Terjun Kapas Biru ini apabila ditempuh dari arah Lumajang maka setelah  300 meter setelah lapangan pronojiwo, setelah persimpangan kemudian ambil kiri (ada ppapan petunjuk bertuliskan air terjun kapas biru).

Namun apabila dari arah Malang, untuk menuju lokasi Air Terjun Kapas Biru ini bias melalui Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo, cari kantor polisi Pronojiwo, tidak jauh dari polsek ada jalan tikungan ( ada banner sebelah kanan jalan bertuliskan Air Terjun Kapas Biru ) ada jalan cor di sebelah kanan dan ikuti jalan cor sampai mentok diujung jalan. Apabila dari Malang untuk menuju Air Terjun Kapas Biru ini bias ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam saja. Kondisi jalan sudah lumayan baik sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

 

Tiket Masuk

Di coban atau air terjun kapas biru kamu cukup membayar restribusi pakir sejumlah Rp.5.000,- saja selanjutnya Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km dengan medan yang cukup berat. Perjalanan ini akan melewati turunan yang begitu curam  dengan kemiringan hingga 40 sampai 45 derajat, bahkan ada juga yang harus menuruni tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat dan tentunya dengan bantuan tangga yang sudah disediakan warga. Disepanjang perjalanan mata Saya dimanjakan dengan hamparan pohon hijau dan juga aliran sungai yang mengalir sepanjang lembah dan juga tampak samar-samar beberapa air terjun di balik curamnya tebing-tebing.

Setelah 45 menit berjalan kaki dengan track yang lumayan extreame. Akhirnya saya dan Kawan-kawan sampai juga di Air Terjun nan megah ini. Gemuruh air terjun langsung menyambut kami. Air terjun kapas biru yang tingginya mencapai 30 meter dengan volume air yang cukup besar serta kemegahan tebing-tebing yang mengelilinganya membuat saya terkagum-kagum. Tak ada kata lain selain bersyukur telah diberi kesempatan untuk melihat keindahan alam yang luar biasa ini.

Itulah yang terjadi jika kamu bertamasya ke coban kapas biru di lumajang jaawa timur mengaksyikan bukan?.

Baca artikel selanjutnya:

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI