Berwisata Dengan Nyaman Di Taman Rekreasi Candi Prambanan

Candi prambanan merupakan candi yang terletak di yogyakarta. Tepatnya Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu. Kompleks candi prambanan ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Lokasi Obyek Wisata Candi PrambananYogyakarta ini persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi prambanan ramai pada waktu – waktu tertentu seperti upacara desa setempat, hari besar agama jindu dan hari libur nasional. Pada hari libur nasional di kawasan candi prambanan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari beberapa kota di jawa tengah maupun di jawa timur seperti surabaya malang dan sekitarnya dan mereka dominan menggunakan rental bus dengan men sewa bis malang batu.

Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu buah candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur. Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Tiket

Harga tiket untuk masuk ke Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta juga tidak terlalu mahal. Bagi Wisatawan Domestik/Lokal: Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang) : Rp. 30.000,-, anak-anak (Umur Dibawah 6 Tahun) & Rombongan Pelajar/Mahasiswa : Rp. 12.500,-. Wisatawan asing: Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang) : Rp. 171.000,-. Anak-anak Wisman (Umur dibawah 6 Tahun) : Rp. 85.000,-.

 

Dengan harga terjangkau anda bisa menikmati indahnya peninggalan leluhur yang masih terjaga dan juga masih terawayt hingga saat ini. Selain itu hal yang bisa anda lakukan di candi prambanan bisa berkeliling tempat wisata seluas 39,8 hektar ini dengan berjalan kaki. Pelataran kompleks ini ditanami banyak tumbuhan sehingga tampak seperti taman yang luas. Berjalan sambil mengamati ukiran pada setiap candi tentu akan membuat Anda lebih kagum pada hasil karya besar ini. Ukiran di candi-candi ini tampak mustahil dikerjakan oleh manusia pada saat teknologi belum berkembang di zaman dahulu.gi asaat anda berada di

Jika ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, datanglah pada malam purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 – 22.00. Pada saat itu, digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang disoroti lampu. Pertunjukan di panggung terbuka ini hanya dilakukan pada saat musim kemarau, sedangkan pada musim hujan, lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup.

Itulah sekilas tentang wisata rekreasi candi prambanan yag menjadi wisata edukasi dan sejarah yang sangat menarik untuk anda, saat berada di sleman maupun jawa tengah.

baca juga:

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI