Cara Menerbangkan Drone

Semakin berkembangnya jaman maka teknologi juga tak akan ketinggalan, baru baru ini sangat banyak yang namanya pesawat tanpa awak atau drone. Masih banyak juga orang yang tidak mengerti apa itu drone? Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan remot control dengan jarak jauh. Mungkin sebagian dari anda juga sangat menginginkan yang namanya drone, Bagi anda yang pemula jangan langsung menerbangkan drone sendiri tanpa pengawasan yang ahli ya, Karena drone juga sangat berbahaya jika dekat anak kecil. Berbahaya karena baling baling drone juga tidak pelan putarannya, Jadi anda juga harus berhati hati jika mengendalikan drone tanpa pengawasan yang ahli atau yang sudah pernah menerbangkan drone. Selain itu banyak juga rental mobil malang. Banyak juga orang yang menyalah gunakan penggunaan drone, dan banyak orang yang tidak mengerti daerah mana saja yang boleh menerbangkan drone, jadi bagi anda yang masih pemula jangan sampai menerbangakan drone dengan seenaknya sendiri yaa. Menerbangkan drone juga ada aturannya, ada banyak beberapa tempat di Indonesia yang dilarang menerbangkan drone. Oleh karena itu juga kalian harus berhati hati dan waspada dalam menerbangkan drone. Berikut ini adalah langkah langkah menerbangkan drone :

 

  • Langkah pertama adalah hidupkan drone dengan cara On-kan power yang biasanya ada pada drone sesuai dengan jenisnya, biasanya switch On/Off terletak pada samping body dari drone atau bagian bawah dari body drone yang anda miliki.
  • Hidupkan juga remote control pengendali drone, biasanya saat remote control drone di hidupkan, lampu pada drone akan berkedip, anda jangan khawatir itu adalah bentuk sinkronisasi otomatis antara drone milik anda dengan remote control bawaan dari drone tersebut, lalu gerakkan tuas sebelah kiri dari remote control drone dengan cepat keatas lalu ke bawah, jika lampu yang berkedip tidak lagi berkedip, itu tandanya drone siap untuk di terbangkan dengan menggunakan remote control yang ada di tangan anda.
  • Cara memegang remote drone sama persis seperti anda memegang stik pada PS-2, bentuk remotenya juga hampir sama.
  • Gunakan Ibu jari kanan dan ibu jari kiri sebagai pengendali utama untuk menerbangkan dan mengendalikan drone menggunakan remote controlnya.
  • Dalam belajar menerbangkan drone pertama kali, kita dapat melakukan langkah pengenalan awal pada drone milik kita, yaitu dengan belajar atau latihan untuk menggerakkan drone atau mengendalikan drone pada permukaan lantai rumah anda sendiri, langkah ini adalah bentuk latihan agar kita mengerti bagaimana cara untuk mengenalikan drone dengan baik, permukaan yang rata berfungsi agar drone dapat bergerak sesuai perintah remote dengan mudah tanpa adanya hambatan.
  • Lalu mulailah angkat dengan menggunakan ibu jari sebelah kiri pada tuas remote control drone sebelah kiri dari remote drone milik anda (hati-hati perlahan saja), jika saat anda menggerakkan tuas remote control drone baling baling bergerak dan drone belum terbang atau drone dalam keadaan setengah terbang, maka berhentilah pada posisi itu, lalu mulai belajar gerakkan drone dengan menggunakan ibu jari yang berada pada tuas remote control sebelah kanan, maka drone akan bergerak sesuai arah kendali ibu jari kanan anda pada remote control drone anda itu, perhatikan setiap gerakan dari drone dan perhatian dengan seksama juga arah tuas yang anda gerakkan dengan menggunakan ibu jari kanan anda. lakukan langkah ini sesering mungkin agar kita faham betul bagaimana cara mengendalikan drone dengan menggunakan remote control.
  • Setelah mahir mengendalikan drone di tempat yang rata dan halus seperti lantai rumah anda, maka anda boleh mencoba untuk menerbangkan drone dengan sebenar-benarnya pada tempat yang luas, ingat caranya sama seperti saat latihan pada permukaan lantai rumah dengan power baling-baling yang tidak terlalu cepat awalnya (secara perlahan).
  • Mengemudikan dan mengendalikan drone harus dengan perasaan sama seperti anda mengendalikan pedal gas dan rem pada kendaraan bermotor, ukur antara jarak dan kecepatan, jika dalam drone adalah ukur kecepatan, ketinggian dengan keadaan di sekitar drone saat tinggal landas.
  • Saat menerbangkan drone seimbangkan antara tuas ibu jari kiri dengan tuas ibu jari kanan pada remote drone milik kita, saat mulai menerbangkan drone Tuas remote sebelah kanan adalah kunci utama dalam membuat keadaan drone dalam posisi yang seimbang atau posisi drone yang tegak lurus saat terbang.

Demikianlah penjelasan singkat cara mudah mengendalikan drone untuk pemula, selamat terbang dan tetap berhati-hati dalam menerbankan drone milik kita karena ada beberapa bagian dari drone yang mudah rusak jika terkena benturan dengan keras seperti kamera dan baling-balik yang ada pada drone dan jika kita menerbangkan drone perhatikan daerah sekitar, karena drone dapat mengganggu penerbangan pesawat terbang, karena itu berhati-hatilah dalam menerbangkannya.

Baca Juga: Pantai Ungapan, Pantai Eksotis nan Indah Malang Selatan

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI