Coban Baung, Air Terjun Tersembunyi di Malang

Air terjun, pernahkah anda berkunjung ke wisata yang satu ini? Ya, wisata alam satu ini adalah satu dari sekian banyak wisata alam yang paling banyak dikunjungi maupun tempat yang mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Wisata alam ini biasa disebut coban, grojogan, curug, ataupun air terjun sendiri, tergantung setiap daerah yang menyebutnya ya, hehe. Jika di daerah jawa barat air terjun biasa disebut dengan curug, sedangkan di jawa tengah biasa disebut grojokan, nah sedangkan di jawa timur biasa disebut coban. Cukup unik kan ? hehe, di jawa maupun Indonesia sendiri sangat banyak sekali wisata air terjun yang bisa kita kunjungi bersama. Ada wisata air terjun yang ,memiliki track yang susah, ada pun yang bisa dijangkau dengan sangat mudah. Membahas tentang air terjun, kita akan membahas coban yang ada di jawa timur lebih tepatnya di Kabupaten Malang. Coban baung namanya, seperti apa saja keindahan dan panorama coban baung ? kita bahas ya,

Tentang Coban Baung

Coban banung, coban ini berada I kaki Gunung kawi, dan tergolong masih baru dan belum banyak wisatawan yang tau loh. Coban baung sendiri berada di Desa Gendogo, kecamatan ngajum, kabupaten malang.

Yang populer di area kec ngajum lebih dulu adalah pesarean Gunung kawi yang banyak didatangi peziarah ketika akan mengadakan ritual ataupun acara adat lainnya. Namun saat ini Ngajum memiliki destinasi wisata air terjun terbaru yakni Coban baung. Dengan di buka nya coban baung ini, maka Kecamatan Ngajum tak hanya memiliki wisata religi, namun juga memiliki wisata alam indah di tengah panorama hijau yang memanjakan mata.

Coban baung sendiri berada satu arah dengan gunung kawi, karena memang letaknya di lereng gunung kawi, untuk menuju ke coban baung anda harus menitipkan kendaraan anda di rumah warga karena di tempat wisata ini belum disediakan tempat parkir untuk wisatawan. Setelah parkir anda bisa menyusuri jalan setapak tanah melewati hutan untuk menuju ke coban baung. Akses jalan ini adalah satu – satunya jalan yang digunakan untuk mencapai coban.

Sesampai di coban abung anda bisa mnikmati suasana coban yang masih asri dan sangat sepi. Coban baung memiliki air terjun setinggi 71 meter dan disertai tebing tinggi yang gagah dan hijau, disini anda juga bisa mengabadkan moment indah dan berfoto bersama untuk menghabiskan liburan anda. Di coban ini sayangnya masih terdapat sampah yang terdapat di area coban, anda bisa membawa kantung plastik khusus sampah untuk membawa sampah kembali dan untuk menjaga alam juga. Namun ketika musim penghujan, tidak disarankan bagi anda untuk berkunjung kesini karena jalur yang didominasi kontur tanah liat dan akan licin jika terjadi hujan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Untuk fasilitas dan tiket masuk sendiri wisata coban baung masih merilis dan menunggu pemerintah yang sedang gencar – gencarnya untuk memajukan dan memperkenalkan wisata di area kecamatan ngajum ini. Untuk fasilitas kita bisa titip untuk parkir dirumah warga sekitar, dan tak disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat maupun menggunakan jasa rental mobil malang murah sekalipun. Karena disini belum disediakan tempat parkir. Mungkin 1 tahun kedepan akan dibangun beberapa fasilitas lengkap dan akan menjadi wisata alam favorit di kecamatan ngajum, kabupaten malang. Tetap jaga lingkungan dan bawalah kembali sampah dari coban baung agar tetap terjaga keindahan alamnya.

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI