Eksotika Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo. Pantai ini selalu ramai pengunjung, baik pada hari biasa, lebih-lebih saat liburan atau akhir pekan. Lokasi pantai Watu Ulo berada di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu. Jarak yang bisa kita tempuh menuju obyek wisata tersebut, yaitu sekitar 40 km sebelah selatan dari pusat kota Jember.

Pantai ini memiliki keindahan batu karang yang bentuk fisiknya menyerupai ular; memanjang dari bibir pantai hingga tepi laut. Bentuk karang yang seperti itulah, sehingga pantai tersebut dinamai dengan Pantai Watu Ulo. Di pantai watu ulo ini memiliki eksotis yang luar biasa, disini sangat ramai pada bulan – bulan tertentu seperti bulan liburan maupun akhir tahun baru. Dan kebanyakan yang berwisata ke pantai watu ulo jember dari kota – kota besar seperti surabaya dan malang, dengan sewa rental mobil di malang raya.

Popularitas pantai ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Jember dan sekitarnya, namun juga masyarakat di kota-kota yang lain. Letaknya yang relatif berdekatan dengan pantai Papuma, acapkali menjadi pilihan berwisata para wisatawan setelah Papuma. Meskipun demikian, pantai Watu Ulo tak kalah memikat bagi para wisatawan, selain Papuma. Pada hari-hari tertentu, di pantai tersebut acapkali digelar ritual tradisional masyarakat setempat, yaitu Larung Sesaji. Ritual yang sudah dilakukan secara turun temurun tersebut dilakukan dengan melempar sesembahan ke lautan lepas. Rupa sesembahan seperti hasil bumi masyarakat di sekitar pesisir pantai. Ritual ini mereka lakukan sebagai bukti syukurnya atas nikmat Tuhan Yang Mahakuasa.

Di pinggiran pantai, kita bisa menjumpai deret perahu tradisional nelayan setempat. Perahu-perahu tersebut menjadi sarana utama bagi nelayan setempat untuk melakukan aktivitas keseharian mereka, seperti mencari ikan di tengah laut ataupun mengantar para wisatawan bila ada yang mau menyewa.

 

Selain rupa pantai, kita bisa pula menjelajahi destinasi wisata terdekatnya, seperti Goa Jepang, taman bermain untuk anak, maupun Goa Kelelawar. Bagi para pegiat kegiatan perkemahan, ada spot khusus yang cocok untuk mereka tempati. Dengan berlatar belakang pantai, tentunya kegiatan berkemah di sekitar pantai Watu Ulo akan terasa berkesan dan menyenangkan.

Sejarah dan Legenda Watu Ulo: Sebuah legenda rakyat setempat, dipercaya dari generasi ke generasi, tentang pantai di Jember ini. Konon, batu karang yang memiliki ukuran panjang sekitar 500 meter dan menyerupai ular ini, dipercaya sebagai perwujuduan raja naga yang sedang tertidur pulas. Hewan raksasa tersebut merupakan utusan Ajisaka untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Suatu hari nanti, sang ular naga akan terbangun dari tidur panjangnya dan berubah menjadi sosok manusia. Batuan karang yang membujur menyerupai ular ini diyakini pula memiliki panjang hingga membelah wilayah perhutanan di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Watu Ulo Jember
Watu ulo berada di ujung selatan Kabupaten Jember Jawa Timur, cocoknya di desa Referensi Rejo Kecamatan Ambulu. Jarak Pantai dari pusat kota Jember merupakan 40 km. Demi hingga ke lokasi wisata, bisa ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) serta dari Barat (Lumajang).

Jika pergi dari arah timur, rute yang wajib ditempuh merupakan;
Banyuwangi –> Jember –> Kec. Ambulu –> Desa Sumber Rejo –> Pantai Watu Ulo

Jika pergi dari arah barat, rute yang wajib ditempuh merupakan;
Lumajang –> Kec. Ambulu (Jember) –> Desa Sumber Rejo –> Pantai Watu Ulo

Transportasi Menuju Pantai Watu Ulo
Tidak ada angkutan umum yang menuju langsung ke Lokasi. Satu satunya pilihan demi bisa hingga ke Pantai ini merupakan dengan memakai jasa Travel alias kendaraan pribadi.

 

Artikel selanjutnya:

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI