Eksotika Wisata Goa Pinus

Setiap daerah yang berhawa sejuk selalu erat dengan hutan pinus, begitu pun di Malang. Baru-baru ini muncul wisata baru di Malang bernama Goa Pinus. Goa Pinus sebenarnya sudah lama ada, hanya saja baru beberapa waktu lalu mulai dukembangakan. Goa Pinus sangat recommended buat kamu yang lagi nyari tempat ngadem asyik di Malang.

Goa Pinus terletak di kawasan Jl. Paralayang, Pujon, Batu-Malang, Jawa Timur. Dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah Goa yang kelilingi oleh hutan Pinus. Goa Pinus memiliki ketinggian 1 meter, jadi para wisatawan harus membungkuk jika ingin masuk ke dalam goa.

Goa Pinus sedikit berbeda dari goa-goa di Malang, selain lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan, Goa kece ini  tak memiliki stalaktit dan stalakmit seperti goa pada umumnya. Awalnya, Goa Pinus merupakan tempat penambangan pasir. Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata ini dengan keluarga anda juga bisa sewa bus mini malang. selain sewa bus mini malang anda juga bisa dengan bus besar secara berombongan. Karena sudah lama ditinggalkan, maka penduduk setempat menyulap tempat ini untuk dijadikan tempat wisata. Selain goa dan hutan pinus, di sini juga ada gardu pandang atau spot selfie dengan landscape yang memukau. Cocoklah buat kamu yang suka foto-foto.

Rute Dan Lokasi Goa Pinus Batu Malang – Setiap daerah yang berada di dataran tinggi, pasti tak lepas dengan yang namanya hutan pinus. Dan sekarang ini, hutan pinus telah menjadi wisata favorit di kalangan anak muda. Hunting foto diantara pohon pohon pinus yang menjulang tinggi atau bergelantungan dengan hammock menjadi aktivitas wisata yang biasa dilakukan. Begitu juga di kawasan Batu dan Malang yang berada di daratan tinggi dengan hawa sejuk. Selain hutan pinus semeru, goa pinus di batu juga diserbu oleh anak muda Malang dan sekitarnya.Lokasi goa pinus ini berbeda dengan goa pada umumnya yang memiliki stalagtit dan stalagmit. Goa yang berada ditengah hutan ini awalnya adalah tempat penambangan pasir. Setelah lama ditinggalkan, kini masyarakat setempat mengubahnya menjadi destinasi wisata baru di batu. Selain memiliki goa dan hutan pinus, disini juga tersedia gardu pandang dan spot foto dengan landscape alam pegunungan yang memukau. Bagi kamu yang suka hunting foto, jangan sampai melewatkan tempat wisata terbaru di malang yang satu ini.

Buat kamu yang penasaran dengan pesona Goa Pinus, bisa langsung meluncur ke kawasan Pujon. Tidak ada tiket masuk alias gratis untuk menikmati wisata kece yang satu ini. Meski gratis, kamu jangan bersikap sesuka kamu ya di tempat ini. Tetap jaga etika dan tetap jaga kebersihan. Akses menuju lokasi sedikit sulit, karena belum ada angkutan umum menuju lokasi. Oleh karena itu, disarankan untuk bawa kendaraan pribadi. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan oleh hawa sejuk dan pemandangan sekitar yang menyegarkan.

Untuk rutenya sendiri, bila ditengok dari google maps (berhubung lokasi Goa Pinus belum ada di GPS) kamu bisa mengikuti arah menuju kawasan Pujon melalui Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya dengan jarak tempuh sekitar 11,6 km atau memakan waktu sekitar 28 menit dari pusat kota Batu. Setelah sampai di kawasan Pujon, kamu lihat beberapa plang menuju Goa Pinus atau bisa bertanya pada warga setempat.

Nah, bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berkunjung ke Goa Pinus? Oh iya, sedikit informasi lagi, karena obyek wisata Goa Pinus masih terbilang sangat baru dan masih dalam tahap pengembangan, harus dimakmuli bila ada fasilitas yang belum memadai. Buat kamu yang berkunjung ke sini, dimohon jaga kelestarian dan kebersihan sekitar ya!

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI