Gunung Eksotik Di Jawa Timur

Jawa timur memang menyimpan surga tersendiri bagi wistawan lokal maupun mancanegara. Banyak tujuan wisata disana selain terkenal dengan keramahan warganya masyarakat jawa timur kental dengan tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka sejak ber puluh – puluh tahun yang lalu.

Banyak warisan sepeninggal nenek moyang yang masih dilestarikan oleh masyarakat jawa timur seperti tradisi kasada oleh masyarakat tengger, tradisi orang osing dan budaya – budaya yang masih terjaga hingga kini seperti kuda lumping, reyog ponorogo, ludruk, tari remo, bantengan, dan masih banyak lainnya. Kalau kita lihat dari sisi tradisinya nya di setiap wilayah jawa timur memiliki tradisi dan menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Seperti apakah pesona alam yang di tawarkan jawa timur ini. Ada sekian banyak gunung yang menjadi tujuan faforit wisatawan.

Gunung Ijen Banyuwangi

Indonesia merupakan ring of fire yaitu sebuah lingkaran tektonik yang menyebabkan indonesia dikelilingi oleh gunung berapi mulai dari ujung sabang sampai merauke. Di jawa timur ada gunung yang mengandung kadar belerang yang tinggi yaitu gunung welirang da juga gunung ijen yang berada di perbatasan antara bondowoso dan banyuwangi, gunung ijen merupaka wisata favorit jawa timur banyak sekali wisatawan yang berasal dari luar kota banyuwangi maupun mancanegara dengan atau dari sewa bus surabaya malang untuk menuju banyuwangi. Mereka berbondong – bondong untuk menikmati keindahan gunung ijen karena keunikannya dari sekian banyak gunung di jawa timur, gunung ijen merupakan gunung yang mempunyai blue fire dan hanya terdapat 2 di dunia selain itu gunung ijen merupakan cagar alam yang dilindungi oleh unesco

Dengan luaas mencapai 2560 hektare dan hutan wisata seluas 92 hektare, kawah ijen terletak di puncak dari gunung ijen. Gungung ijen sendiri memiliki ketinggian mencapai 2443 Mdpl. Dan berdampingan dengan gunung raung dan gunung merapi di jawa timur.

 

Kawah ijen merupakan sebuah danau yang terbentuk karena letusan gunung berapi pada waktu silam dan menimbulkan bentukan kawah yang sangat menakjubkan. Dan yang menarik danau ini berada di tengah dari kaldera gunung ijen dan merupakan terluas di pulau jawa dengan luas wilayah mencapai 6KM, dan kawah dari gunung ijen memiliki kedalaman sekitar 300 m dibawah dinding kaldera.

Gunung Bromo

Terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour)  yang sangat indah

Kawasan Wisata Bromo terletak pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan di apit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan Pripinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Ada empat pintu masuk untuk mencapai kawasan Wisata Bromo yaitu  Desa Cemorolawang (Probolinggo), Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Ngadas poncokusumo ( Malang) dan Desa Burno (Lumajang).

Kawasan Wisata Gunung Bromo sudah sejak lama menjadi objek andalan wisata di jawa timur biasanya wisatawan sewa bus surabaya malang untuk selanjutnya oper bersama mobil jeep. di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, misal penginapan, hotel, homestay serta transportasi yang mudah di temukan untuk mengunjungi Gunung Bromo

Bagi wisatawan, liburan ke gunung Bromo sangatlah istimewa karena  lautan pasirnya yang  luas sekitar10 kilometer persegi mengelilingi  kawah Bromo yang mengepulkan asap putih.

Dari puncak gunung Penanjakan wisatawan  bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan hamparan lautan pasir luas dan pemandangan latar belakang yang indah yaitu gunung Semeru, gunung Bromo dan Gunung Batok. Untuk mencapai puncak Penanjakan para pengunjung biasanya memakai kendaraan mobil Jeep, namun adapula yang nekat mendaki dengan berjalan kaki, dan tentu saja medannya pun tidak mudah.

Ketika sampai di puncak penanjakan rasa lelah dan mengantuk pun jadi hilang (untuk ke penanjakan biasanya start jam 4 pagi dari Hotel sekitar Cemoro Lawang), terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan ketika matahari mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur. Ditemani minuman hangat (kopi dan teh), serta jajanan ringan yang di jual di sekitar puncak penanjakan, menikmati indahnya pemandangan di puncak penanjakan terasa sangat lengkap dan tak terlupakan.

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI