Indahnya Pesona Alam Kota Austria Van Java

Kota lumajang memiliki julukan kota pisang selain kota pisang yang unik di kota ini yaitu julukan  austria van java, karena keindahan wisata alamnya yang memukau setiap wisatawan yang kesana. Di kota lumajang tercatat memiliki potensi alam yang luar biasa dan terbukti wisatawan di kota lumajang meningkat pesat setiap tahun, kebanyakan wisatawan yang datang ke kota lumajang dari daerah seperti malang dan sekitarnya mereka yang datang secara berkelompok datang menggunakan sewa bis malang batu.

di kota lumajang banyak air terjun yang bagus yang patut untuk anda coba di kota ini memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun. Yaa, mari kita bahas tentang air terjun yang ada di kota lumajang ini.

Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun tumpak sewu ini berada di perbatasan antara kabupaten malang dan kabupaten luamjang tepatnya diantara 2 kecamatan ampelgading dan juga pronojiwo. Di air terjun tumpak sewu kamu dapat melakukan aktivitas dengan nyaman, yang pertama yang bisa kamu lakukan disini yaitu menikmati pemandangan air terjun. Wisatawan cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama.

“Kita tawarkan pemandangan air terjun yang termasuk unik. Air terjunnya itu unik karena bentuknya setengah lingkaran. Biasanya kan air terjun dari sungai saja tapi ini dari mata air dan keluar dari tebing,” jelasnya.

Pos Panorama adalah sebuah tempat yang didesain oleh pengelola untuk wisatawan dengan pelindung jurang dari bambu.

Selain menikmati keindahan air terjun dari atas pengunjung juga bisa menikmati spot foto yang sangat menarik tepatnya dari atas air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter ini.

Dan yang terakhir, yang bisa anda nikmati di air terjun tumpak sewu ini adalah menuju lembah air terjun yang berada di bawah air terjun dengan menuruni tangga yang curam. Sebetulnya wisatawan dilarang sampai bawah air terjun dikarenakan tanah labil dan rawan longsor.

Baca juga:

Air Terjun Kabut Pelangi

Air terjun ini berada di kaki Gunung Semeru yang masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter.

Tapi sebelum kita sampai ke lokasi air terjun Kabut Pelangi, anda akan disuguhi lebih dulu pemandangan air terjun lainnya yaitu air terjun Anak Kabut Pelangi. air terjun Anak Kabut Pelangi hampir sama dengan air terjun Kabut Pelangi tapi lebih pendek.

Dinamakan air terjun Kabut Pelangi, karena di lokasi air terjun tersebut sering terlihat pelangi yang diakibatkan oleh pembiasan air terjun dengan sinar matahari.

Fasilitas di tempat ini lumayan lengkap, sudah ada mushola, toilet umum, tempat parkir, dan gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar beristirahat. Selain itu ada juga “camping ground” untuk mereka yang mau berkemah disekitar air terjun.

 

Air Terjun Sobyok Manggisan

 

Air terjun di Lumajang yang pertama yaitu air terjun Sobyok Manggisan. Air terjun yang memiliki ketinggian 21 meter ini berada di desa Kandangan, kecamatan Senduro, tepatnya 22 km dari kota Lumajang.

Air terjun ini tidak berbahaya digunakan untuk mandi, selain itu pemandangan pun sangat indah dengan gemuruh air yang jatuh yang seolah-olah semakin menambah kenyamanan ketika menikmati alam disekitarnya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa namanya air terjun Sobyok Manggisan? Menurut penuturan penduduk setempat, dulu di sekitar air terjun banyak di tumbuhi pohon manggis, tapi sayang sekarang sudah tidak ada lagi.

Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan, kurang lebih 30 menit dari kota Lumajang, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai lokasi air terjun tersebut.

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI