Indahnya Wisata Goa Pindul Di Gunung Kidul

Gua Pindul, merupakan salah satu tempat wisata yang berada di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul merupakan suatu gua yang didalamnya terdapat aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua hingga ke ekornya.Gua ini dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2010. Gua Pindul adalah gua kapur.

Sebuah goa ya berada di pinggiran kota yogyakarta menambah pariwisata kota yogyakarta semakin ramai oleh pelancong yang berasal dari beberapa kota di sekitar jawatimur maupun jawa tengah seperti solo, magelang, malang, dan surabaya dan kebanyakan meraka sewa mobil di rental mobil di malang raya.

Gua Pindul memiliki keeksotisan yang tak dapat diragukan lagi keindahannya, sehingga jangan heran jika ratusan bahkan ribuan pengunjung berbondong – bondong setiap harinya untuk menikmati keindahan alam di objek wisata yang satu ini. Gua ini membentang panjang sekitar 350 m, dengan lebar mencapai 5 m. Gua Pindul memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 12 m. Sedangkan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 m. Gua Pindul cukup berbeda dengan gua – gua lainnya. Disini, Anda tak hanya menyaksikan keeksotisan gua, namun juga akan dibuat takjub dengan kilauan air yang mengisi gua tersebut. Air tersebut merupakan sungai bawah tanah yang berasal dari mata air gedong tujuh.

Gua Pindul memiliki 3 bagian, yang pertama yaitu zona terang, seperti namanya, pada bagian ini terkesan terang sehingga Anda dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung dengan mata telanjang. Di zona ini anda bisa bermain sesuka hati, dengan berenang dan berlompat ria. Disini juga dapat Anda saksikan kumpulan ikan yang cantik. Ikan – ikan tersebut cukuplah besar namun tak usah kawatir karena ikan disana tergolong aman. Sedangkan yang kedua ada zona remang, disini cahaya yang masuk hanya beberapa bagian kecil saja, dengan dibantu oleh pantulan air bening pada dinding – dinding gua membuat cahaya remang ini terasa menakjubkan. Dan yang terakhir yaitu zona gelap, untuk dapat menyusuri bagian ini, Anda harus menggunakan alat bantu penerangan, karena seperti namanya, di zona ini sangat gelap. Nah, untuk menyusuri ketiga zona tersebut, anda memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit. Penelusuran ini akan berakhir pada sebuah dam yang ada di kawasan goa ini.

Pada bagian tengah Gua Pindul terdapat suatu ruangan yang cukup besar dan tentunya menarik sekali untuk dinikmati. Pemandangan yang dipadu dengan sebuah lubang di atasnya membuat bagian ini menjadi pusat dari seluruh bagian di Gua Pindul. Bagaimana tidak, di bagian inilah Anda akan menyaksikan sinar matahari masuk dengan mantabnya sehingga membuat pantulan – pantulan yang menakjubkan. Masyarakat setempat menyebut bagian ini sebagai sumur terbalik. Karena suasana yang cukup baik dan menarik, tak heran jika lubang ini sering digunakan untuk keperluan latihan anggota TIM SAR sebagi jalan masuk.

Seperti pada gua – gua lainnya, Gua Pindul juga memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Namun yang membedakanya adalah kapasitasnya. Menurut penelitian Stalakmit dan stalaktit ini sudah berusia ribuan tahun, sehingga memiliki bentuk yang sangat besar. Di Gua Pindul, stalagtit dan stalagmit menyatu tepat di bagian tengah gua membentuk sebuah pilar, tampak besar dan kokoh. Ukurannya, mencapai hingga 5 rentangan tangan orang dewasa. Karena ukurannya yang besar, stalaktit di Gua Pindul masuk dalam kategori terbesar ke – 4 di dunia. Hal yang sangat menakjubkan yang bisa didapatkan disini adalah kalau kita dapat menyaksikan langsung kemegahan stalaktit yang terbentuk secara alami di Gua Pindul.

rute menuju goa pindul

Seperti yang kita tahu, Gua Pindul terletak di Yogyakarta. Untuk menuju ketempat ini sangatlah mudah. Jika Anda sudah berada di Yogyakarta, Anda perlu melakukan perjalanan menuju kota Wonosari, setelah itu dilanjutkan ke Desa Bejiharjo dan terus ikuti jalan aspal hingga anda menemui tulisan Pindhul / Pindul. Objek wisata ini terletak pada ujung jalan, sehingga bukanlah hal yang sulit untuk menemukan lokasi ini. Karena jangkauan yang sangat mudah, Gua Pindul dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Jalannyapun beraspal, sehingga sangat mudah untuk dilewati.

 

Baca juga:

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI