Jalur Pendakian Gunung Dari Kota Batu

Kota batu merupakan kota dengan dataran tinggi yang berada di jawa timur. Terbukti di kota ini terdapat beberapa gunung yang masih aktif maupun yang sudah mati darii arah barat terdapat pegunungan kawi, buthak, dan panderman baik di sebelah timur kota batu berjajar gunung arjuno sampai welirang, tidak dipungkiri lagi kalau kota batu berhawa sejuk, selain berhawa sejuk kota batu juga menjadi tujuan wisata dari kalangan jawa timur sendiri dan indonesia yang biasanya menginap di villa sekitaran lereng gunung dan menyewa mobil rental mobil batu malang yang memuaskan pengunjung. Wisatawan tiap minggunya di kota batu lebih dari 10.000 pengunjung. Selain menyudut pada hal udara sejuk kota batu dan pariwisatanya, kota batu juga terkenal dengan keramahan warganya dan budayanya yang masih terjaga sampai saat ini yaitu kesenian bantengan yang merupakan kesenian khas kota batu, hampir setiap minggunya kesenian ini selalu tampil di sudut – sudut kota batu, pada dasarnya kesenian ini merupakan perkembangan dari pencak silat yang berkembang pada pesantren – pesantren di sekitaran wilayah tersebut. Tak heran, kesenian tersebut menjadi wadah bagi pemuda kota batu. Lepas dari hal tersebut, kota batu memiliki jlaur pendakian yang sangat menakjubkan pemandangannya.

Pendakian Gunung Arjuna

 

Gunung yang berada di sebelah timur laut Kota batu ini memiliki tinggi 3339 mdpl. Biasanya sering digunakan oleh para Pecinta Alam untuk melakukan Pendidikan Dasar.

Gunung Arjuno memilki 3 jalur pendakian, yaitu jalur Batu, Lawang dan Tretes. Tetapi yang disebut terakhir masuk ke wilayah Kabupaten Pasuruan. Meski begitu kebanyakan pendaki memilih lewat jalur Tretes. Alasannya karena jika lewat Tretes bisa langsung sekalian mendaki ke Gunung Welirang, persimpangan jalan antara Arjuno-Welirang berada di shelter Pondokan yang dilewati jika mendaki dari Tretes.

Selain itu, bila memilih jalur Tretes terdapat keuntungan tersendiri. Yaitu pada tiap shelter ada sumber air yang melimpah, sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan air. Puncaknya sering disebut Puncak Ogal-agil. Dahulu terdapat batu di puncak itu, tepatnya di bibir kawah. Batu itu akan bergoyang bila tertiup angin, itulah sebabnya dinamai Puncak Ogal-agil.

Pendakian Gunung Welirang

Gunung Welirang masih satu komplek dengan Gunung Arjuna, sebab itu tak sedikit pendaki yang langsung mendaki kedua gunung itu dalam satu kesempatan. Berbeda dengan Gunung Arjuna yang sudah tidak aktif, gunung yang memiliki ketinggian 3156 mdpl ini merupakan gunung yang masih aktif dan selalu memuntahkan asap juga cairan belerang. Banyak warga yang berprofesi sebagai penambang belerang, mereka akan menambang dan membawanya ke shelter Pondokan yang juga menjadi tempat tinggal mereka selama menambang untuk beberapa hari. Selanjutnya belerang hasil tambang tersebut akan diangkut oleh mobil Jeep yang naik sampai shelter Pondokan. Jalur pendakian via Tretes sendiri sebenarnya adalah trek mobil Jeep penambang belerang. Selain via mojokerto maupun tretes gunung welirang juga bisa didaki dari kota batu tepatnya dari desa sumberbrantas kecamatan bumiaji kota batu.

Jika sedang mendaki ke Puncak Welirang akan sering berpapasan dengan para penambang. Sebagai pendaki, sebaiknya memberikan mereka jalan terlebih dahulu, mengingat mereka membawa hasil tambang (belerang) yang sangat berat.

Pendakian Gunung Buthak

Secara administratif gunung buthak merupakan gunung yang berada di perbatasan kabupaten malang dan kabupaten blitar. untuk menuju gunung buthak dari malang anda dapat menggunakan layanan travel rental mobil batu malang. Dengan ketinggian sekitar 2.868 mdpl membuat gunung ini ramai didatangi oleh para pendaki baik dari jawa timur maupun dari nusantara. Gunung buthak ini dapat di daki dari kota batu , tepatnya dari kawasan gunung panderman dari kawasan tersebut anda memilih untukk menyimpang untuk melanjutkan perjalanan ke gunung buthak. Untuk menuju gunung buthak anda perlu memakan waktu sekitar 8 jam tapi sesampai di atas gunung anda akan dibayar oleh pemandangan yang luar biasa.

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI