Jalur Pendakian Panderman Via Kota Batu yang Asyik dan Menantang

Kota batu memang menjadi salah satu kota dengan pariwisata yang berbagai macam jenis. Sebut saja jatim park, eco green park, museum angkut, coban rondo pujon, itu tadi merupakan beberapa tempat wisata terkenal yang ada di sekitar Kota Batu. Untuk suasana sendiri, kota sendiri dikelilingi beberapa gunung maupun bukit yang menjulang tinggi. Sebut saja Gunung arjuno. Gunung panderman, Gunung banyak yang berada di dekat kota batu. Udara sejuk, serta segar menyambut pagi hari anda ketika anda berada di Kota Batu. Nah, kali ini kita akan sedikit membahas tentang jalur pendakian Gunung Panderman via kota batu. Seperti apa penjelasan jalur nya? Yuk kita simak berikut ini ya

– Jalur Menuju Basecamp

Untuk menuju ke puncak panderman, jika dari malang anda bisa menuju ke barat tepatnya ke arah kota batu. Dari malang anda bisa naik angkutan umum maupun sewa mobil di batu malang. Sampai di alun alun batu anda ambil arah ke barat sampai ada perempatan kedua belok ke kiri. Kemudian berjumpa dengan perempatan lagi belok kanan dan mengikuti petunjuk arah ke gunung panderman. Sampai ada pertigaan trakhir jika ke kanan kita menuju ke kediri, kita ambil lurus ke gapura “wisata gunung panderman” untuk sampai ke basecamp. Di basecamp anda akan ditarik biaya sebesar 5 rb untuk tiket dan 3 rb untuk parkir per malam.

– Basecamp ke Latar Ombo

Dari basecamp ke latar ombo anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika santai. Disini terdapat 2 jalur yakni pertigaan belok ke kiri menuju ke sumber dan latar ombo, sedangkan jika ambil lurus anda bisa mengikuti jalur hingga sampai percabangan anda ambil ke kiri untuk langsung menuju ke latar ombo. Jalur track dari basecamp menujuu ke latar ombo sendiri cenderung lumayan menanjak tapi masih belum terlalu menguras tenaga. Anda bisa mengambil persediaan air di sumber terdekat yakni setelah pertigaan belok ke kiri. Setelah sampai latar ombo anda bisa mendirikan tenda disini maupun lanjut perjalanan ke puncak panderman. Di latar ombo terdapat tempat untuk mendirikan banyak tenda, dan berada di 1600 Mdpl.

– Latar Ombo ke Watu Gede

Perjalanan selanjutnya adalah menuju watu gede, dari latar ombo ke watu gedhe anda membutuhkan waktu sekitar 1 Jam paling lama, namun semua tergantung fisik anda masing – masing. Untuk track menuju watu gedhe sendiri di dominasi oleh tanjakan dan melewatu pepohonan rindang yang mulai menguras tenaga. Sesampai di watu gedhe, anda bisa mendirikan tenda maupun langsung untuk lanjut ke puncak. Disini ada himbauan dilarang memberi makan hewan liar.

– Watu gede ke Puncak Basundara

Nah, jika kalian ingin langsung menuju puncak, anda bisa langsung melanjutkan perjalanan dari watu gede ke puncak dengan menempuh waktu sekitar 1,5 jam jika santai. Untuk track menuju puncak sendiri cukup curam dan menanjak ya, anda harus mempersiapkan fisik yang prima untuk melewati track ini, sebelum puncak anda akan melewati pepohonan dan vegetasi terbuka serta hembusan angin yan lumayan kencang. Sesampai di puncak dengan ketinggian maksimal 2045 Mdpl, anda bisa menikmati indahnya Alam Indonesia dari atas puncak, anda bisa menjumpai samudra di atas awan dan sunrise cantik di pagi hari. Puncak panderman di kelilingi beberapa gunung lain, yakni Gunung arjuno dan Gunung semeru. Disini anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam dan meikmati suasana khas gunung yang ada di Malang. Dengan suhu yang pastinya lumayan dingin.

Itu tadi sedikit tentang perjalanan menuju puncak pasundara Gunung panderman yang berada di kota batu. Untuk menuju ke Kota Batu sendiri cukup banyak pilihan transportasi jika anda kebingungan. Anda juga bisa sewa mobil di batu malang dengan harga yang cukup terjangkau.