Kampung Wisata Kungkuk Kota Batu

Liburan ke tempat seperti mall dan landpark mungkin sudah biasa di tempat kampung wisata kamu tidak akan menemui yang namanya keramaian di sekitar tempat wisata. Selain landpark tujuan alternatif yang menjadi andalan wisata di kota Batu yaitu kampung wisata banyak orang luar batu yang menyewa di sewa bus pariwisata surabaya malang .

Kampung Wisata Kungkuk terletak di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Malang. Letaknya di bagian barat Desa Punten dan diapit oleh Gunung Panderman di sebelah selatan serta Gunung Arjuno di sebelah utara. Berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Batu, kampung ini berada di ketinggian 950 mdpl dengan luas 14 hektar serta areal hutan 125 hektar. Suasana alam di Kampung Wisata Kungkuk sangat alami dan eksotik. Udaranya yang segar dan sejuk serta pemandangan alamnya yang sangat indah siap memanjakan mata setiap pengunjung. Tak hanya itu, kita bisa menikmati panorama lembah, hutan, kawasan pertanian maupun pemukiman penduduk pedesaan. Pohon-pohon pinus berjajar seakan membatasi wilayah kampung dengan hutan di perbukitan. Ada juga beberapa sumber mata air yang melimpah di atas bukit dan lereng-lereng gunung.

Selain menghadirkan pesona alam yang tidak dimiliki oleh kampung-kampung wisata lainnya, Wanawisata Kungkuk juga sangat cocok bagi penggemar outbond, perkemahan, flying fox, olahraga gunung, sepeda gunung, mobil gunung, dan lain-lain. Kampung wisata ini menyediakan dua area camping dan outbond. Pertama, terletak di samping gazebo dengan panorama alam yang lebih terbuka. Dari sebelah utara, Anda bisa menikmati paket wisata petik apel dan dari sebelah selatan paket wisata petik jeruk. Sebelah barat, pengunjung bisa menikmati paket wisata sekolah alam tentang cara menanam, merawat, dan memanen tanaman. Sedangkan sebelah timur terdapat homestay dan perkampungan penduduk.

Selain itu ada area camping dan outbond yang terletak di tengah hutan pinus dengan panorama pegunungan. Area ini lebih cocok untuk pelatihan berbagai kegiatan outbond sebab selain menantang, tempat ini juga jauh dari pemukiman penduduk. Di desa wisata kungkuk terdapat sungai brantas yang juga dimanfaatkan warga sebagai sarana olahraga dan pariwisata salah satunya yaitu kaliwatu rafting  wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam Kampung Wisata Kungkuk sambil berkuda dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi Anda yang suka berkebun atau bercocok tanam, tidak ada salahnya mencoba wisata sekolah alam yang ada di Kampung Wisata Kungkuk. Di sini para pengunjung akan diajari bagaimana cara menanam dan merawat buah apel, jeruk, dan sayur-sayuran sampai bisa menghasilkan produk-produk berkualitas. Tak hanya itu saja, Anda dapat menikmati segarnya buah jeruk, jambu, dan apel yang bisa dipetik langsung dari pohonnya.

Menariknya, para pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan serta hasil pertanian saja. Beberapa adat budaya dan ciri khas Desa Punten seperti atraksi Tari Santar, kuda lumping, dan bantengan siap menghibur wisatawan yang datang dari luar kota yang biasanya sewa bus pariwisata surabaya malang. Kala malam tiba, Kampung Wisata Kungkuk memberikan warna yang berbeda. Anda bisa ikut merasakan kegiatan warga setempat saat ronda malam untuk menjaga kondisi kampung tetap aman. Hal ini merupakan suguhan yang menarik dalam upaya melestarikan sikap gotong royong antar warga.

Untuk mencapai Kampung Wisata Kungkuk, aksesnya tidak terlalu sulit jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Namun cukup sulit bila menggunakan bus sebab kondisi jalan yang cukup sempit disertai tanjakan tajam. Dari pusat kota Batu, Anda bisa langsung menuju Kecamatan Bumiaji, kemudian telusuri saja jalan ke arah Desa Punten. Sampai di wilayah desa Punten, sudah ada beberapa papan penunjuk menuju lokasi kampung wisata. Atau Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar arah kampung Wisata Kungkuk.

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI