Keelokan Ranu Gumbolo Tulungagung

Jawa timur memang banyak memiliki keindahan wisata, ada berbagai macam wisata yang dapat kita jumpai di jatim ini. Mulai wisata alam, edukasi, budaya, pendidikan, serta sejarah yang menjadi tolak ukur kemajuan jawa timur saat ini. Ngomong – ngomong masalah jawa timur, kita akan membahas wisata di daerah tulungagung, yakni wisata alam yang dekat dengan perkotaan, hah? Apa ada? Hehe.

Wisata alam tersebut adalah ranu gumbolo atau disebut ranu kumbolo nya tulungagung. Seperti apa pembahasannya ? yuk kita simak ya

Lokasi dan kelebihan Ranu Gumbolo

Untuk mencapai Ranu gumbolo sendiri cukup mudah karena masih berada satu area dengan waduk wonorejo yang berada di desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kec Tulungagung. Ranu kumbolo nya tulungagung ini terkenal karena berada di ketinggian 182 mdpl dan memiliki udara yang sejuk khas pegunungan. Adapun spot foto yang menjadi ciri khas ranu gumbolo yakni di pepohonan sekitar ranu dan pohon pinus yang membentang. Selain hutan pinus, dis ranu gumbolo juga terdapat beberapa spot foto yang unik seperti batu besar, tulisan besar, maupun rumah pohon yang bisa digunakan untuk berfoto. Ranu Gumbolo sendiri memiliki suasanan seikitar yang hijau nan elok untuk dipandang. Wisata ini akan ramai ketika liburan telah tiba. Banyak wisatawan yang datang dari luar kota maupun dari warga lokal tulungagung yang berkunjung ke wisata satu ini. Lokasi sendiri berada sekitar 24 km dari pusat Kota Tulungagung. Bisa ditempuh sekitar 30 menit.

Akses Jalan Menuju Tempat Wisata

Untuk akses jalan ke Ranu Gumbolo sendiri cukup mudah ya, anda tinggal mengikuti arah ke wonorejo. Jika anda dari surabaya, anda langsung ambil arah untuk menuju ke wonorejo. Setelah memasuki wonorejo anda terus mengikuti jalan yang agak sedikit bergelombang sampai ada pertigaan pertama, anda ambil kiri menuju waduk wonorejo. Nah disini anda akan mendapati pertigaan kedua anda ambil arah kanan untuk menuju Ranu Gumbolo, jika lurus akan menuju waduk wonorejo. Setelah pertigaana anda terus mengikuti jalan yang bergelombang sampai terdapat tempat parkir serta warung – warung makan yang berada di kiri jalan. Selanjutnya anda bisa memarkirkan kendaraan anda dan berjalan kaki untuk menuju ranu gumbolo nya.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Untuk fasilitas sendiri ranu gumbolo memiliki fasilitas yang cukup lengkap ya, walaupun tempat ini yang notabene wisata alam, namun di kelola dengan baik infrastruktur maupun fasilitasnya. Di Ranugumbolo terdapat warung – warung makan yang menyedikan makannan dan minuman yang berada di atas ranu, ada musholla, toilet, pohon pinus, rumah pohon, dan spot – spot untuk berfoto di ranu gumbolo sendiri,

Nah, untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, ranu gumbolo dengan pemandangan alam hijau serta ranu yang luas ini menarik tiket masuk hanya Rp 5 rb per orang dan untk sewa perahu sebesar Rp 7.500,- / orang.

Nah itu tadi sedikit mengenai wisata ranu gumbolo di kota tulungagung, ranu gumbolo sendiri akan dangkal atau tidak ada air ketika musim kemarau tiba, jadi jika anda mengujungi tempat ini usahakan ketika musim hujan ya, agar terlihat lebih indah pemandangannya

Nah jika anda berkunjung dari pusat kota surabaya maupun kota wisata malang anda bisa naik kendaraan pribadi ataupun sewa mobil di malang maupun surabaya. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di malang maupun surabaya yang banyak menawarkan ketika anda akan berwisata di area jawa timur. Atau anda bisa menggunakan jasa sewa mobil tulungagung untuk wisata seharian yang praktis serta nyaman.

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI