Keindahan Coban Pelangi Malang Yang Eksotis

Melihat indanya pelangi diatas awan pasti sudah biasa anda lihat, tapi untuk melihat nya pun ketika hujan turun dan bukan setiap hari dapat dinikmatinnya namun kali ini yang ingin saya bahas adalah tempat wisata Coban Pelangi yang terletak di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai tempat parkir coban ini anda tidak disarankan menggunakan jasa rental mobil di malang raya karena akses jalan yang sempit.

Objek wisata ini merupakan salah satu wanawisata yang dikelolah oleh Perum Perhutani berjarak 10 Km dari Kecamatan Tumpang dan 32 Km dari sebelah timur arah Kota Malang. Kawasan Coban Pelangi tersebut dikelilingi olah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS).

Biasanya Air Terjun Coban Pelangi ini menjadi lokasi transit para pendaki yang ingin melakukan perjalanan menuju Gunung Semeru atau sebaliknya. Dan kawasan ini sangat populer oleh kalangan para pendaki Gunung Mahameru, pasalnya letaknya yang memang berada di jalur pendakian menuju Gunung Mahameru.

Terletak pada ketinggian 1.400 mdpl dari permukaan air laut dan air terjun Coban Pelangi ini berada pada ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semaru. Jadi suhu udara dikawasan air terjun Coban Pelangi ini berkisar antara 19-23 derajat Celcius.

Untuk mendatangi air terjun yang berada di sungai Amprong ini, pertama harus melalui desa Tumpang kemudian ke desa Gubuk Klakah yang jalannya lumayan banyak tikungan tajam dan menanjak dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat.Jika sudah berada di pertigaan Jemplang (pertigaan kearah Gunung Bromo dan Semeru) maka Coban ini sudah dekat. Untuk menuju ke lokasi Coban Pelangi pengujung harus menempuh jarak sekitar 20 menit dari arah parkiran kendaraan.

Didalam perjalanan menuju lokasi Coban Pelangi, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, seperti perbukitan yang hijau dan juga langit biru yang berbaur dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh di sana dan lain lainnya.

Air terjun di Coban Pelangi mengalir dari sebuah tebing dengan ketinggian 30 M. Dilokasi tersebut pengunjung pasti merasa nyaman disertai suara guyuran air terjun Coban Pelangi.

Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada warna pelangi yang timbul dari air terjun ini, tapi jika anda beruntung untuk melihatnya dan menikmati indanya pelangi tersebut dari dekat.

Nah, semoga informasi diatas bisa memberikan semangat anda, untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga, saudara atau teman-teman anda.

Untuk menuju air terjun, pengunjung akan melewati medan berbukit dengan kemiringan mencapai sekitar 45 derajat. Setelah melewati bukit kurang lebih 15 menit, selebihnya adalah menyusur jalur di atas anak sungai.

Membutuhkan keadaan fisik yang sehat dan kuat untuk mencapai  air terjun ini, dimana turis akan menemukan keadaan alam yang masih alami dan hijau serta pengalaman yang luar biasa mengagumkan. Hutan yang hijau, pegunungan yang sejuk, kicau burung dan sungai yang jernih adalah hal-hal yang bisa di temukan saat akan menuju coban pelangi.

Air Terjun di coban pelangi mengalir dari sebuah tebing dengan ketinggian 30 M. Terdapat sebuah pondok yang di siapkan sebagai fasilitas untuk menikmati keindahan Air Terjun di coban pelangi ini. Bila beruntung, para pengunjung juga bisa menyaksikan pelangi yang terbias dari pucuk-pucuk tebing, dimana menjadi asal mula penamaan coban ini.

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI