Pantai Ngliyep Malang Selatan

Saat liburan telah tiba, pasti akan mulai memikirkan kemanakah agenda liburan akan di rencanakan. Banyak sekali tempat wisata di jawa timur yang bisa kita kunjungi, yang paling hits contohnya Gunung Bromo yang berada di 4 kabupaten, Gunung ijen yang ada di banyuwangi dan bondowoso, pantai pasir putih di situbondo, pantai balekambang malang, dan masih banyak sekali wisata alam, edukasi, sejarah, maupun religi di jawa timur. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang wisata pantai di Malang selatan yang terkenal indah dan menggugah selera anda untuk mengunjungi tempat ini. Pantai dengan ombak yang bergulung dan indah lautnya itu yakni pantai ngliyep. Seperti apa saja deskripsi serta sedikit ulasan nya?. tetap pada artikel ini ya. Jangan beranjak, hehe.

Deskripsi dan Sejarah Pantai Ngliyep

Pantai ngliyep ini berada di Malang selatan tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, berada di malang selatan tepatnya sekitar 65 Km dari malang kota. Pantai ini sangat mudah diakses karena sudah beraspal sejak tahun 1980 an, dan membutuhkan waktu 2,5 – 3 jam untuk sampai ke pantai ini,

Pantai ngliyep memiliki keistimewaan yakni panorama alam yang sangat cantik, hamparan pasir putih di tambah dengan ombak yang menggulung tinggi di tepi pantai membuat suasana khas pantai ngliyep pas untuk anda yang suka akan ketenangan dan keindahan. Dengan dihiasi dengan hutan lindung serta tebing – tebing yang tinggi, pantai ngliyep menjadi tempat yang kealamian nya masih terjaga baik dari sampah maupun polusi udara. Di pantai ngliyep juga terdapat tebing yang lumayan besar dan menampakkan keindahan alam berupa sunset atau matahari terbenamnya di sore hari.

Pantai ngliyep memiiki lahan seluas kurang lebih 12 Hektar yang terdiri dari hutan lindung, tebing, dan akses tempat wisata, pantai ngliyep juga sudah terkenal sejak 1980 an bahkan sudah lebih dahulu populer daripada pantai balekambang dan pantai sendang biru yang sekarang ini populer

Sejarah Pantai Ngliyep

Pantai ngliyep juga memiliki beberapa sejarah, pantai ngliyep sendiri dalam bahasa jawa diambli dari kata liyep – liyep yang artinya tertidur pulas. Konon dahulu terdapat seorang manusia yang tertidur pulas ketika melihat ondahnya pmbak dan pantai di ngliyep ini.

Sedangkan setiap rabiul awal dan bulan maulud tanggal 14 di pantai ngliyep sering mengadakan upacara labuhan. Yang sudah ada sejak jaman dahulu terciptanya pantai ini pertama kali. Tujuan dari upacara labuhan adalah bersyukur atas nikmat, rezeki, dan keselamatan yang dilimpahka kepada allah.

Masyarakat akan mengenakan baju adat lengkap dan mengarak tumpeng yang nantinya akan di letakkan di tengah laut. Masyarakat sangat antusisan dengan upacara ini dan melaksanakannnya secara bersama – sama.

Fasilitas dan tiket masuk

Untuk fasilitas sendiri pantai ngliyep kini sudah cukup lengkap, ada tempat parkir, mushola, toilet, tempat bersantai, warung – warung makan, penginapan dan masih banyak. Tiket masuk pantai ngliyep sendiri adalah sebesar 15 ribu dan parkir 5 ribu. Karena sudah cukup terkenal saat ini, pantai ngliep juga menjadi pilihan keluarga maupun traveller untuk mengisi liburan dan waktu luangnya disini.

Untuk menuju ke pantai ngliyep anda bisa menggunakan kendaraan seperti sewa mobil malang murah, ataupun menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua muapun roda empat.

Tetap jaga keselamatan dan siapkan apa saja yang akan dibawa ketika akan berwisata ke pantai ngliyep. Jangan lupa tetap berdoa, ibadah dan menjaga kebersihan pantai. Salam lestari pantai malang.

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI