Sumber Air yang lagi Nghitz Di Malang Raya

Malang raya seakan tidak pernah kehabisan air karena kawasan malang raya dikelilingi oleh gunung gunung tinggi menjulang di kawasan jawa bagian selatan seperti gunung arjuno, welirang, kawi, dan kelud. Dan di daerah malang raya masih terjaga kehijauan hutannya dan alamnya yang masih asri. Mungkin dari telinga malang terkenal akan pariwisatanya yang sangat dinantikanoleh kalangan luar malang. Di malang juga tersedia sewa mobil di kota malang yang murah untuk menyediai wisatawan yang hendak ke tempat – tempat wisata yang menjadi faforit di malang raya.

Untuk kesempatan pada kali ini saya akan mengulas tentang sumber air yang sedang naik daun di malang raya.

Sumber Jenon Tajinan

Salah satu sumber mata air di malang dari sekian banyak sumber yang ada di malang raya .

Sebut saja sumber jenon,sumber jenon ini berada pada desa gunungronggo, kecamatan tajinan ,kabupaten malang.air pada sumber mata air ini terlihat jernih dan segar dengan pemandangan desanya yang elok dan keindahan airnya yang bewarna hijau kebirubiran.

Bentuk dari sumber air jenon sendiri menyerupai kolam pada umumnya namun agak berbeda dalam hal bentuk, bentuk kolam pada sumber air ini oval dengan diameter yang cukup besar.koalm pada sumber jenon sendiri juga  dipagarai dengan pondasi batako untuk menunjang keselamatan pengunjung, kedalaman dari sumber ini kurang kebih 4 meter’an. Di dalam kolam terdapat akar pohon jenu yang menjulang ke bawah dari arah barat ke timur kolam.tak jauh dari sumber jenon, juga terdapat pohon beringin yang tumbang pada tahun 1971. Selain daya tarik pengunjung tertarik pada kesegaran air pada sumber mata air jenon, pengunjung  juga terpikat pada keindahan  ikan sangkuriang yang berusia ratusan tahun. Ikan hitam polos ini mberjumlah sekitar 37 ekor dengan panjang sekitar 50centimeter(cm) dan 170centimeter(cm) untuk induk ikan sangkuriang ini “yang unik pada ikan ini yaitu: jumlah ikan disini tak pernah bertambah maupun berkurang walaupun sering ditangkapi warga sekitaran gunug ronggo”

Sumber Pitu Tumpang

Air Terjun Sumber Pitu merupakan salah satu air tejun menawan yang ada di kawasan Malang Raya atau lebih tepatnya berada di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Air di sumber pitu ini berasal dari mata air yang muncul dari tujuh titik yang hampir berdekatan. Yang menjadikannya unik, mata air ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan mata air ini adalah sebuah sungai di bawah tanah. Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang ada di Sumber Pitu sungguh memikat stiap Dolaners yang datang. Tujuh buah air terjun dengan tinggi mencapai 70 meter yang berada di tengah hutan menjadikan Air Terjun Sumber Pitu ini mempunyai keistimewaan tersendiri.

 

 

Sumber Air Nyolo

Sumber air nyolo merupakan sumber air yang berada di kecamatan karangploso kabupaten malang, sumber ini berada di lereng gunung arjuno dengan ketinggian antara 700 – 900 meter diatas permukaan laut di sumber air ini, masih terlihat sangat asri karena warga desanya yang peduli akan alam sekitar jadi menambah ke asrian sumber air nyolo. Untuk lokasi dari sumber nyolo ini masih sulit untuk dijangkau karena letaknya yang jauh dari hirup beluk perkotaan, sumber ini tidak pernah kering walaupun di musim kemarau, di sekitaran sumber juga terdapat petilasan dan juga stupa berbentuk perempuan bertapa pada bibir sumber.

 

Baca juga:

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI