Wisata Andalan Di Kediri

Kota kediri ini berjarak ±128 km dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Dari aspek topografi, Kota Kediri terletak pada ketinggian rata-rata 67 m diatas permukaan laut, dengan tingkat kemiringan 0-40%. Struktur wilayah Kota Kediri terbelah menjadi 2 bagian oleh sungai Brantas, yaitu sebelah timur dan barat sungai. Wilayah dataran rendah terletak di bagian timur sungai, meliputi Kec. Kota dan Kec. Pesantren. Sedangkan dataran tinggi terletak pada bagian barat sungai yaitu Kec. Mojoroto, wilayah bagian barat sungai ini merupakan lahan kurang subur yang sebagian masuk kawasan lereng Gunung Klotok (472 m) dan Gunung Maskumambang (300 m).

Di kediri juga menjadi jujugan wisata andalan di jawa timur banyak wisatawan yang berasal dari luar kota kediri yang berwisata ke kota tersebut dan kebanyakan dari sekitaran kota kediri seperti malang, surabaya, kota batu, dan sekitarnya. Dan sewa mobil di rental mobil batu malang untuk bepergian wisata ke kota kediri. dan di kediri juga mempunyai wisata andalan yang menjadi faforit masyarakat luas.

Simpang Lima Gumul Kediri

simpang lima gumul menjadi objek wisata faforit di kediri, sekilas simpang lima gumul mirip dengan monumen yang berada di perancis namun tersiar kabar kalau menyatakan bahwa Monumen yang populer dengan sebutan “SLG” ini didirikan atas dasar amanat Raja Kediri pada abad XII yang ingin menyatukan 5 daerah yang berada di Kabupaten Kediri.

Kota Kediri yang selama ini dikenal sebagai Kota Administratif, ternyata menyimpan banyak sejarah. Tidak hanya itu, Kota tempat bertengger nya Gunung Wilis dan Gunung Kelud ini ternyata juga mempunyai banyak destinasi wisata, yang tidak kalah bagusnya dengan wisata di kota kota lain. Salah satu wisata favorit yang sekaligus icon Kota Kediri adalah Monumen Simpang Lima Gumul.

 

Gunung Kelud

Gunung kelud merupakan gunung yang berada di kabupaten kediri yang memiliki ketinggian sekitar 1731 meter diatas permukaan laut. Dan secara administratif gunung kelud berada di perbatasan antara kabupaten kediri, blitar, dan kabupaten malang. Di gunung kelud kamu akan menikmati keindahan dan kesejukan gunung yang menyegarkan liburanmu, dan menurut kabar gunung kelud telah meletus sebanyak 5 kali sejak 1000 masehi dengan kekuatan letusan sebesar 5 VEI. Untuk dapat mencapai Gunung Kelud dapat kita capai dari beberapa kota di Jawa Timur. Perjalanan kurang lebih 4 – 5 Jam dari Surabaya atau hanya sekitar 2 – 3 jam dari kota Kediri. Kali ini perjalanan saya tempuh dari ibukota Jawa Timur. Menempuh perjalanan menyusuri jalanan dari kota Surabaya selama 5 jam. Jalanan tampak ramai kala itu tapi tak menyurutkan asa untuk mengunjungi Gunung paling mematikan di pulau jawa ini. Petunjuk arah setelah memasuki wilayah kediri pun terlihat sudah cukup baik, di beberapa titik tampak petunjuk arah menuju Gunung Kelud ini. Akhirnya kami sampai di kaki Gunung Kelud. Jalan yang tersedia cukup lebar dan beraspal mulus. Jalan pun naik turun berkelak kelok dengan jurang jurang yang siap menerima kehadiran kita jika kita tidak waspada dan berhati hati dalam berkendara.

air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo  berada di Kawasan Wisata Besuki di ketinggian 1200 di atas permukaan laut di gugusan lereng Gunung Wilis (1950 m).  Tumpahan airnya sekitar 80 meter dengan bentuk trap-trap mini dan pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius.

Untuk akses menuju air terjun irenggolo Berjarak + 28 km ke arah barat daya dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Akses menuju air terjun ini relatif mudah dengan kondisi jalan 85 hotmix dan dapat ditempuh dengan segala macam kendaraan hingga di kawasan wisata air terjun tersebut. Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki.

baca juga: Coban Jidor, Air terjun unik dan Asri yang tersembunyi

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI