Wisata Baru Yang Ngehitz

Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini wilayah Malang Raya dimana Kota Batu dan Kabupaten Malang masuk di dalamnya telah menjadi wilayah primadona pariwisata Nusantara. Tempat wisata yang ditawarkan juga sudah bertaraf Nasional bahkan mungkin Internasional.Untuk wilayah Kabupaten Kota Malang sendiri yang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Jawa bagian selatan setelah kota Bandung sudah istimewa karena berada di dataran tinggi yang sejuk. Di Malang juga banyak terdapat sewa mobil surabaya malang. Setidaknya sudah ada 12 julukan diterima kota ini selain tentunya julukan Paris van Oost-Java, dan salah satunya adalah julukan Kota Wisata.

Berbicara mengenai wisata di wilayah Malang Raya, coba kesampingkan dahulu beragam tempat wisata  yang menggoda dan sudah cukup dikenal luas. Mengingat wilayahnya yang sejuk, kali ini mari kita tengok obyek wisata air terjun di wilayah ini. Menjanjikan keunikan dan keistimewaan, berikut ini tempat wisata air terjun di Malang yang memukau :

1. Coban Putri

Wisata Air Terjun Di Malang, tepatnya di wilayah Batu ternyata juga kaya dengan wisata air terjunnya. Salah satunya adalah Coban (air terjun) Putri ini. Terletak di desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu.Lokasinya terletak kurang lebih 5 km arah selatan dari alun-alun Kota Batu, tidak jauh dari bumi perkemahan Coban Rais. Atau memerlukan waktu tempuh sekitar 30-40 meter dari pusat kota Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian 10-35 meter dan lebar kurang lebih 3 meter. Bebatuan pekat yang menjadi tumpuan jatuhnya air dari tempat wisata ini terlihat sangat unik.

Meskipun tidak setenar coban yang lain dan sampai saat ini kebanyakan dikunjungi wisatawan lokal seputar Kota Batu, lokasi wisata ini menjanjikan pemandangan alam yang masih asri, dengan air sungai sejernih cermin serta aman karena arusnya tidak deras dan hanya memiliki kedalaman kira-kira sepaha orang dewasa.Tempat ini dinamai Coban Putri karena terkait hikayat yang menceritakan soal Puteri Ken Dedes, permaisuri Ken Arok, raja dari Kerajaan Singasari. Dikatakan bahwa sang putri tidak hanya sering mandi di pemandian Songgoriti, namun juga di tempat ini.  Oleh karena itu, tempat ini dinamakan Coban Putri. Namun demikian, ada pula yang berpendapat nama Coban Putri diberikan karena bentuk aliran airnya yang mirip dengan belahan rambut seorang putri.

2. Coban Talun

Satu lagi air terjun cantik di wilayah Malang yang sayang jika Anda lewatkan. Terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu. Dari pusat kota Malang, Anda memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai lokasi ini atau kurang lebih 15 kilometer. Anda juga bisa mencapai lokasi ini dengan menaiki Angkotan Kota, dan langsung dapat diturunkan di depan pintu masuk tempat wisata ini dengan hanya perlu  3 kali naik turun angkot yang berbeda dan sampailah Anda di lokasi ini.

Keindahan yang dimiliki air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini adalah selain kucuran airnya sendiri, juga adanya bebatuan gunung yang seolah sengaja ditata menjadi penghias. Yang unik dan istimewa dari kawasan ini adalah pada saat Anda berada di tempat ini di saat cuaca cerah, butiran curahan air yang tersapu angin akan menciptakan warna pelangi yang indah di seluruh bagian lokasi wisata ini, sebuah pemandangan yang tidak akan Anda lupakan. Namun yang perlu Anda waspadai adalah di saat hujan lebat, wisatawan diwajibkan untuk sesegera mungkin meninggalkan lokasi ini karena adanya resiko terjadi banjir. Harga tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp.5.000 per orang. Dari loket pembayaran, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus melanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 50 meter hingga mencapai lokasi parkir. Untuk parkir dikenakan biaya Rp.2.000 untuk motor dan Rp.4000 untuk mobil.

 

 

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI