Wisma Tumapel Malang

Kota Malang adalah kota yang sejak dulu terkenal sebagai kota yang sejuk nan menyegarkan, asri serta membuat orang-orang yang datang merasa nyaman untuk berlama-lama menghabiskan waktu liburannya di kota ini. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik bagi Belanda untuk menjadikan kota Malang sebagai tempat beristirahat atau sekedar sebagai tempat persinggahan di masa penjajahan dulu. Bangunan-bangunan tua bersejarah yang banyak ditemukan di kota Malang sebagiannya merupakan sisa-sisa peninggalan Belanda pada masa itu.Bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang tersebar di beberapa titik di kota Malang merupakan saksi bisu masa penjajahan Belanda di Indonesia terutama di kota Malang. Setiap bangunan tua yang ada tersebut memiliki kisahnya tersendiri, yang jika dibeberkan satu persatu akan sangat banyak sekali dan juga mungkin ada berbagai versi yang berbeda.Untuk megexplore wisata kota malang lainnya kita bisa menggunakan jasa sewa mobil di kota malang maupun rental mobil murah yang banyak tersedia di malang
Salah satu hal yang membuat bangunan tua memiliki daya tarik tersendiri diantaranya karena memiliki arsitektur atau konstruksi bangunannya yang kuno. Selain itu tidak lupa pula dengan sejarah serta misteri-misteri yang ada di baliknya.
Arsitektur bangunan yang kuno tentunya akan terlihat sangat unik jika dilihat pada masa kini. Para pengunjung mengunjungi bangunan-bangunan tersebut untuk melihat keunikannya, mempelajarinya atau datang hanya untuk mengabadikan momen-momen berharga saat berkunjung ke tempat itu. Bahkan bangunan-bangunan kuno menjadi salah satu spot foto untuk pre-wedding yang sangat disukai.
Sejarah suatu bangunan tua juga sangat menarik untuk diketahui, dan di antara sejarah-sejarah yang telah diketahui banyak diantaranya yang masih berupa misteri hingga saat ini, benar atau tidak. Misteri dari bangunan-bangunan tua yang tidak pernah habis dibicarakan biasanya adalah mengenai keangkerannya sehubungan dengan hal-hal mistis.
Tidak terkecuali dengan bangunan kuno yang ada di kota Malang, yang pada tulisan blog nnoart kali ini hanya dibahas khusus mengenai Wisma Tumapel. Wisma Tumapel merupakan salah satu bangunan tua di kota Malang yang termasuk dikenal karena keunikan arsitektur serta keangkerannya, sehingga tidak jarang ada orang menyebut Wisma Tumapel sebagai rumah hantu di Malang.

 

Sejarah Wisma Tumapel

Awal mula bangunan yang populer disebut sebagai Wisma Tumapel atau yang sebentar lagi akan menggunakan nama Graha Tumapel ini dibangun pada tahun 1928. Pada saat itu, bangunan ini berfungsi sebagai hotel bernama Hotel Splendid yang dimiliki oleh Belanda.

Meskipun Hotel Splendid ini bukanlah hotel paling tua di Malang, akan tetapi, bangunan hotel menerapkan konsep New Indische (hotel yang menjadikan pemandangan alam sebagai daya tariknya), yang mana masih baru pada saat itu membuat hotel ini cukup populer. Pemandangan alam yang ditawarkan dari Hotel Splendid adalah pemandangan Sungai Brantas. Walaupun saat ini bangunannya terlihat seperti itu, namun tergolong hotel mewah loh pada saat itu.

Pada masa penjajahan Jepang, bangunan kuno ini pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan serta kantor reserse kepolisian Jepang mulai dari tahun 1944. Ada juga informasi yang mengatakan selama kisaran waktu tersebut bangunan ini juga difungsikan sebagai kamp pelatihan militer.

Tahun 1950, giliran Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya yang menjadikan bangunan ini sebagai ruang kelas dan wisma dosen. IKIP Malang saat itu (saat ini dikenal sebagai Universitas Negeri Malang) mengambil alih bangunan ini pada tahun 1968, dan tetap mempertahankan fungsinya sebagai wisma.

 

 

 

 

CALL/WA : 0812.5233.0175 ~ 0851.0449.0064 ~ Ibu YATI